Jumat, 17 Oktober 2008

Promosi Gratis Mampu Mendongkrak Popularitas Produk Anda secara Luar Biasa

Promosi Gratis Mampu Mendongkrak Popularitas Produk Anda secara Luar Biasa
By Joko Susilo | Comments (101) | Trackbacks (0)

Promosi Gratis Mampu Mendongkrak Popularitas Produk Anda secara Luar BiasaTak kenal maka tak sayang. Masih ingat pepatah itu? Itu memang benar. Kalau tak ada orang yang mengenal produk anda, bagaimana mereka mau membelinya. Jadi, mau tidak mau anda harus melakukan promosi. Ya, lakukanlah dengan segencar mungkin dan fokus.

Buatlah seluruh dunia tahu bahwa anda memiliki satu produk yang luar biasa. Semakin banyak orang yang tahu, semakin besar kemungkinan mereka membeli produk anda. Artinya juga makin banyak uang yang masuk ke kantong anda.

Dan, anda perlu strategi promosi yang bagus untuk melancarkan promosi pada semua orang. Sebagai permulaan, Anda bisa manfaatkan promosi internet gratisan. Pilih saja tipe pemasaran dan iklan yang paling baik untuk produk anda. Berkonsentrasilah di sana. Misal, anda bisa bergabung dengan directory.

Semua pilihan promosi gratis di internet itu sangat efektif dan mudah untuk digencarkan. Apalagi kalau situs web anda berdesain profesional, anda bisa kebanjiran pengunjung. Desain yang bagus memang lebih mudah untuk dipromosikan. Itu fakta. Karena kenyamanan pengunjung dimulai dari enak atau tidaknya situs web anda dilihat. Sebelum mereka membaca konten anda, mereka akan melihat bentuk dan grafis yang anda sajikan lebih dulu.

Selain itu anda bisa gunakan forum diskusi atau mailing list. Tentu anda harus menemukan forum yang sesuai dengan produk anda. Terlibat diskusi dengan banyak orang akan memperlebar gerak anda dalam berpromosi.

Ada lagi press release online. Ini jadi salah satu pilihan favorit dalam berpromosi di luar negeri. Tapi di dalam negeri saya amati belum ada. Caranya mudah. Anda bisa menulis press release sendiri. Tulis saja bahwa anda dan perusahaan anda sedang mengeluarkan produk baru. Tambahkan keunggulan apa saja yang anda tawarkan dan bagaimana cara mendapatkannya. Mudah bukan?

Cara lain yang bisa membuat produk anda terkenal adalah artikel. Menulis artikel yang berisi informasi berharga yang menarik dan unik akan menarik banyak orang untuk datang ke situs web anda. Tulislah dengan baik dan menarik. Jangan ada satupun kesalahan ejaan ataupun tata bahasa. Pastikan isi artikel yang anda buat tidak bertele-tele dan benar-benar mencerminkan produk anda.

Langkah terakhir, anda bisa pasang banner atau mencantumkan link situs web anda. Agar anda tak perlu keluar biaya, anda bisa cari situs web lain yang bisa saling mengisi pasar yang sama-sama dibidik. Anda bisa saling menukar banner dan link. Jadi, iklan anda terpasang di situs web mereka, dan iklan mereka terpsang di situs web anda. Sistem barter yang seperti ini terbukti efektif mempromosikan berbagai produk. Apalagi jika traffic situs web anda tinggi, tak ada pebisnis lain yang menolak bekerja sama dengan anda.

Cuma di internet anda bisa melakukan promosi gratis. Dalam bisnis offline anda tidak akan bisa memasang iklan secara gratis. Misal anda memasang promosi di pinggir-pinggir jalan, anda perlu banyak uang untuk membuat spanduk, memfotokopi dan menyebar pamflet, dll.

Lalu, apa anda masih belum tertarik dengan bisnis internet?

Tentang rahasia sukses untuk berjualan di internet, ada tips menarik yang juga patut disimak dari Mas Hengky. Selengkapnya...

Bagaimana Menentukan Harga Jual Produk Anda?

Bagaimana Menentukan Harga Jual Produk Anda?
By Joko Susilo | Comments (75) | Trackbacks (1)

Bagaimana lebaran anda? Saya harap lancar-lancar saja. Anda dan keluarga bisa melewatkan lebaran tahun ini dengan senang dan bahagia.

Kini mari sejenak kita belajar dari pengalaman kita saat hari-hari mendekati lebaran beberapa waktu lalu. Biasanya ketika kita berkunjung ke mall atau pusat perbelanjaan, kita akan disuguhi dengan berbagai penawaran dan diskon produk. Para produsen atau supplier seolah berlomba memberikan harga yang paling murah sehingga membuat semua orang tergerak untuk melakukan pembelian. Bagaimanakah mereka memanfaatkan momen-momen tertentu atau kondisi psikologis konsumen untuk menaikkan penjualan? Atau pertanyaan dasarnya bagaimana sebenarnya cara untuk menentukan harga suatu produk? Temukan jawabannya di sini!

Seperti sudah disebutkan dalam SMUO, sebagai pebisnis internet, anda wajib punya produk. Kalau anda sudah buat produk dan telah jadi, kira-kira apa lagi yang bisa memusingkan kepala anda? HARGA. Ya, meski kelihatannya sederhana, pemberian label harga tidak sesederhana yang anda kira. Kalau harga anda terlalu murah, sangat mungkin anda tidak bisa menutup biaya produksi atas produk tersebut. Dan kalau terlalu mahal, siapa orang yang mau beli? Kalau sama dengan harga pasaran, bisa-bisa anda dicap hanya sebagai pengikut.

So, berdirilah di posisi pembeli. Pikirkan kira-kira apa yang ada di kepala mereka? Pelajari kondisi psikologis mereka. Anda tidak bisa memutuskan berapa harga yang akan anda patok tanpa berkompromi dengan calon pelanggan anda.

Kita pasti sering menjumpai dua barang dengan kualitas hampir sama tapi punya harga berbeda. Ada yang lebih mahal dan murah. Ambil saja contoh produk notebook. Merk A bandrol harganya 5 juta, sedang merk B 4,99 juta. Kira-kira merk mana yang paling banyak diminati pembeli? Kita tahu bahwa manusia biasa bertindak pertama kali berdasar emosi. Baru setelahnya berpikir rasional. Misal, mereka memiliki budget di bawah 5 juta untuk pembelian notebook. So, sudah pasti produk B yang dipilih. Kenapa? Secara psikologis mereka akan mengatakan produk B jauh lebih murah dibanding produk A.

Sebaliknya, jika mereka menaruh bandrol 5,1 juta, bisa dipastikan harga produknya terlihat sangat mahal dibanding kedua harga sebelumnya. Meski sebetulnya harga hanya terpaut sedikit. Memang begitulah sifat manusia. Harga yang sedikit terlihat lebih murah dengan kualitas tak jauh beda adalah tawaran menggiurkan yang tak bakal dilewatkan pembeli begitu saja.

Tapi, harga produk yang murah tidak selamanya menjamin produk anda laris. Oleh karena itu, anda perlu mempraktekkan teori-teori penentuan harga berikut…

- Buat Paket Produk
Anda bisa saja mematok harga lebih mahal untuk produk yang ditawarkan. Tapi alasannya harus logis. Misal, anda menawarkan produk lengkap satu paket. Jadi anda tidak hanya memberikan produk utama, tapi juga produk tambahan yang berhubungan dengan produk utama. Istilahnya berikan bonus-bonus yang bermanfaat. Naikkan harga sedikit lebih mahal dari yang lain, tapi berikan lebih banyak bonus yang menggiurkan. Saya yakin, pengunjung pasti tak menolak untuk membeli.

Misal, di swalayan anda menemukan satu paket shampoo lengkap dengan perawatan anti ketome dan anti rontok berharga 10 ribu. Sementara kalau anda beli produk-produk tersebut secara terpisah, anda akan mendapati harga 15 ribu. Nah, kira-kira mana yang akan anda pilih? Paket produk atau beli terpisah? Saya yakin anda akan beli yang paketan. Meski mungkin kali ini anda belum membutuhkan shampoo perawatan anti rontok atau ketombe. Anda hanya memanjakan emosi anda. ”Kapan lagi dapat harga murah? Mungkin besok paketnya sudah habis. Jadi jangan sampai menyesal.”

Begitu juga yang pembeli anda pikirkan. Membeli produk dalam satu paket akan menimbulkan perasaan “something for nothing.” Artinya, mereka tidak apa-apa mengeluarkan uang lebih karena mereka merasa tidak dirugikan.

- Diskon
Kapanpun anda meluncurkan produk baru, jangan lupa beri tawaran menarik pada pengunjung. Caranya, tawarkan diskon. Misal untuk 100 pembeli pertama, harga dipotong 30%.

Pemberian diskon bisa dilakukan dalam musim atau waktu tertentu. Misal, saat bulan puasa atau hari raya, awal tahun, akhir tahun. Selain itu, harga diskon bisa anda berikan pada pelanggan loyal anda. Contoh, pembeli yang sudah berada dalam daftar kontak, pemegang keanggotaan membership, atau pembeli yang dibawa oleh para affiliate anda. Jaringan pembeli macam ini akan selalu kembali pada anda selama anda bisa menghargai mereka.

- Berikan harga yang sepadan dengan kualitas
Salah satu syarat berjualan di internet adalah tidak boleh mematok harga tinggi. Anda tidak cuma bersaing dengan produk yang dijual offline, tapi juga bersaing dengan kemalasan orang belanja di internet. Kecuali anda sudah punya brand produk yang bagus, jangan sekali-kali mematok harga tinggi. Cukup pasang harga yang memang sesuai dengan kualitas produk anda. Mata konsumen lebih jeli dari anda. Karena mereka pemegang kekuasaan. Uang ada di tangan mereka. Dan, ingat semboyan pembeli “teliti sebelum membeli.”

Salah satu cara agar pembeli menerima harga yang anda pasang masuk akal, adalah dengan menimbulkan “kesan berharga.” Maksudnya, buat produk anda seeksklusif mungkin. Timbulkan kesan bahwa produk yang anda buat sangat bermutu. Jadi pantas kalau harganya tidak murah. Tapi ingat! Itupun bisa anda lakukan setelah anda punya sejumlah besar pelanggan. Untuk produk yang pertama kali launching, akan sangat susah menimbulkan kesan seperti ini.

- Masukkan biaya-biaya ke harga jual produk
Harga setiap barang pasti sudah termasuk biaya pengiriman dan perawatannya. Atau bahkan kadang biaya packing dan kemasan juga diikutkan dalam harga jual produk. Jadi, kapanpun anda menjual produk yang bersistem kirim secara offline, silakan anda perhitungkan biaya kirim dan kemasannya. Masukkan perhitungannya ke dalam harga jual produk.

Lalu, katakan pada pembeli bahwa ongkos kirim dan biaya paket produk anda gratis! Jadi, pembeli anda tidak perlu menambah biaya lagi. Tawarkan betapa mudah membeli produk anda. Dan ini akan berbeda jika anda mencantumkan biaya kirimnya secara terpisah. Pembeli akan merasa produk anda terlalu mahal. Karena total yang mereka keluarkan bukan cuma untuk produk, tapi biaya perjalanan produk juga.

- Harga elastis
Saat anda menaikkan harga dan permintaan terhadap produk anda jadi menurun, berarti anda memiliki produk dengan sifat harga yang elastis. Sekalipun mungkin anda menaikkan harga hanya 1%. Harga seperti ini biasanya dipengaruhi oleh tingkat kompetisi dan persepsi pembeli.

Sebaik-baiknya produk adalah yang punya harga in-elastis (tidak elastis). Jadi kapanpun anda mau menaikkan harga, pembeli tetap ramai. Produk seperti apa yang bisa seperti ini? Tentunya yang bermanfaat besar bagi pengunjung. Orang yang sedang butuh pasti akan membeli produk anda. Tidak peduli berapapun harganya, yang penting kebutuhan mereka terpenuhi. Sama seperti kebutuhan makanan bagi orang yang lapar.

Maka, anda harus bisa menampilkan keunikan dalam produk anda. Dan, usahakan keunikan ini dipahami oleh pengunjung anda. Sehingga produk anda dianggap sangat bernilai oleh pembeli.

Beberapa hal penting tentang pematokan harga produk sebenarnya bergantung penuh pada kondisi pembeli. Anda harus bisa menangkap ”Apa yang ada di pikiran mereka? Apa pendapat mereka tentang produk anda? Bagaimana kesan mereka atas produk anda?” Cukup pahami apa yang ada di kepala pembeli dan sesuaikan harga dan kualitas produk.

Akhirnya, berapa harga produk anda? Semoga tidak mahal, jadi saya bisa ikut beli! :-) Selengkapnya...

Berjualan secara Diam-Diam: Teknik Baru untuk Mendongkrak Hasil Bisnis Internet Anda

Berjualan secara Diam-Diam: Teknik Baru untuk Mendongkrak Hasil Bisnis Internet Anda
By Joko Susilo | Comments (87) | Trackbacks (1)

Salah satu cara paling spektakuler dalam melariskan produk adalah dengan menyembunyikan penjualan anda. Apa maksudnya? Ya, jangan katakan pada pembeli bahwa anda sedang menjual sesuatu. Tapi, biarkan konsumen melakukan pembelian secara suka rela.

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan. Dalam dunia offline contohnya anda menggelar acara amal. Di sana anda katakan bahwa apa yang anda peroleh akan disumbangkan pada korban bencana. Tapi, jangan biarkan donatur anda menyumbangkan uang mereka secara cuma-cuma. Berikan produk-produk yang anda punya sebagai imbalan. Dengan cara ini, keuntungan yang anda peroleh memang bukan uang semata. Tapi juga popularitas produk!

Orang akan merasa mereka anda beri produk secara gratis. Padahal tidak, mereka anda berikan produk hanya jika mereka memberikan sumbangan. Popularitas yang anda peroleh sangat besar nilainya melebihi jumlah nominal uang yang dibayarkan. Semakin dikenal produk anda semakin banyak orang yang penasaran untuk membeli. Saya yakin, cara ini lebih efektif dibanding memasang iklan setiap hari.

Atau, cara lain yang bisa anda tempuh dengan menggelar kompetisi. Misal kontes kecantikan atau modeling. Undang para gadis datang ke tempat kontes. Biasanya untuk acara seperti ini bisa menyedot perhatian publik. Gadis-gadis cantik pasti datang berbondong-bondong ke lokasi kontes. Nah, di sini anda bisa menjual berbagai kebutuhan orang saat sedang bosan menunggu. Misal, air mineral, makanan ringan, tissue, atau bahkan kipas.

Sebelumnya, jangan katakan kalau anda adalah penggagas acara tersebut. Kalau perlu gandeng pihak lain yang lebih berkompeten dalam acara seperti ini. Anda tinggal memanfaatkan momen-momen saat orang-orang membutuhkan sesuatu agar anda bisa menjual yang mereka butuhkan. Ini sekadar contoh bagaimana menciptakan peristiwa yang bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan uang.

Atau begini saja, anda menciptakan sebuah trend yang bisa mendongkrak penjualan produk anda. Saat ini bisnis internet semakin marak. Seiring dengan banyak pendatang baru (newbie) untuk menyosialisasikan bisnis internet lebih luas, anda bisa menggagas acara seminar bisnis. Sekali lagi ini cuma contoh. Anda harus berdiri sebagai dalang yang ada di balik layar. Jangan umumkan bahwa acara ini adalah ide anda. Undang para pakar di bidang bisnis dan internet. Dan anda bisa memajang berbagai produk anda yang berkaitan dengan bisnis internet.

Mau tidak mau mereka pasti beli karena mereka ingin segera mempraktekkan ilmu yang mereka dapat dari seminar. Selain itu, peserta seminar akan menyebarluaskan berita bahwa “bisnis internet adalah bisnis masa depan. Mari berbondong-bondong berbisnis internet!”

Secara online anda bisa menerapkan hal ini dengan membuat blog yang mendukung situs web penjualan anda. Anda bisa menuliskan artikel-artikel yang bisa lebih membantu konsumen mengenal produk yang anda jual. Membantu konsumen untuk memecahkan problem yang dihadapi dengan produk anda sebagai jalan keluarnya.

Berjualan secara diam-diam lebih efektif memikat pembeli daripada yang terang-terangan. Tidak bosan saya ingatkan, orang cenderung malas jika langsung ditodong untuk membeli sesuatu. Kurang lebih perasaan yang dialami seperti saat anda didatangi salesman. Nah, untuk mensiasati kondisi psikologi pembeli, anda perlu cara-cara cerdas. Ciptakan peluang, datangkan pelanggan, dan silakan berjualan dengan diam-diam. Mudah bukan?

Cara-cara yang saya terangkan di atas sebenarnya bukan fokus pada penjualan anda. Tapi fokus pada konsumen anda. Dan yang paling saya suka dalam cara-cara seperti ini, kita tidak egois mementingkan kepentingan diri sendiri. Kita tidak hanya fokus menghasilkan keuntungan pribadi, tapi yang utama adalah membantu orang lain. Anda tidak sibuk memperhitungkan apa yang anda peroleh, tapi apa yang dapat anda berikan. Ya, berikan apa yang diinginkan orang lain! Di situlah letak seni pemasan dalam bisnis. Memberikan apa yang mereka mau!

Dalam berjualan secara diam-diam ini anda mendahulukan kepentingan orang lain. Maksud anda untuk berjualan anda taruh di bagian akhir. Dan fokus pada membantu orang lain sebagai tujuan utama. Apa yang anda hasilkan hanyalah cipratan dari tujuan utama anda untuk membantu orang lain.

Begitu intinya! Jangan pikirkan berapa uang yang akan anda dapat, tapi berikan yang terbaik untuk para konsumen anda. Itu dulu yang perlu dicamkan dalam diri kita.

Saya sungguh yakin, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, tidak ada yang percuma di dunia ini, tidak ada pula yang sia-sia. Apalagi untuk aktivitas membantu orang lain sudah seharusnya kita lakukan sebagai sesama manusia. And you will not only get a friend, but also money…. Selengkapnya...

Inilah 10 Alasan Kenapa Anda Harus Membentuk Aliansi Bisnis

Inilah 10 Alasan Kenapa Anda Harus Membentuk Aliansi Bisnis
By Joko Susilo | Comments (57) | Trackbacks (0)

Pernah saya katakan bahwa dengan bersatu kita bisa sama-sama untung. Memang begitu kenyataannya. Karena ketika dua pebisnis atau lebih bekerjasama, mereka melipatgandakan kekuatan yang dimilikinya untuk mencapai tujuan bisnisnya. Yang jelas, semua langkah dan strategi bisnis pasti punya tujuan meningkatkan profit.

Masih belum yakin dengan kekuatan kerjasama? Baiklah. Tanpa perlu panjang lebar, saya uraikan saja sepuluh alasan penting kenapa anda harus membentuk aliansi bisnis yang strategis.

1. Penawaran lebih variatif. Dengan bekerjasama, setiap pebisnis bisa menawarkan produk atau layanan yang lebih variatif pada pengunjung. Ibaratnya, semua produk dikumpulkan jadi satu lalu dijual secara bersama-sama dalam situs web masing-masing. Dengan cara ini anda bisa hemat waktu. Tak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk menciptakan produk. Keuntungan yang anda peroleh bukan cuma karena produk anda terbantu penjualannya. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan keuntungan lebih karena anda mendapatkan komisi dengan menjualkan produk orang lain. Sebut saja simbiosis mutualisme.
2. Jumlah tenaga penjualan bertambah. Tanpa perlu menambah tenaga kerja baru, dengan melakukan kerjasama dengan orang lain secara otomatis jumlah tenaga penjualan anda bertambah. Dengan begitu, harapannya hasil penjualan ikut meningkat.
3. Pelanggan anda kembali membeli. Anda bisa tawarkan produk-produk milik partner bisnis anda pada mereka yang sudah jadi pelanggan anda. Selain pasti, volume penjualan dan perolehan profit meningkat, juga akan mempererat hubungan anda dengan konsumen.
4. Biaya untuk iklan dan pemasaran lebih kecil. Saat anda bekerjasama dengan orang lain, otomatis anda juga berbagi biaya promosi. Biaya yang harusnya ditanggung seorang diri bisa lebih ringan karena ditanggung bersama. Jadi, lebih hemat.
5. Pengetahuan meningkat. Anda akan menjumpai betapa di luar sana banyak orang-orang berbakat yang bisa membantu usaha anda. Dengan aliansi bisnis, anda akan mudah mendapatkan bantuan keahlian mereka. Menariknya, mereka memiliki ketertarikan yang sama dengan yang sedang anda kerjakan. Dan, yang lebih menguntungkan, bergabung bersama mereka bisa menambah pengetahuan anda tentang bisnis internet.
6. Membuka pasar lebih luas. Lebih banyak produk yang anda jual, lebih banyak orang datang pada anda. Pastinya dengan mendapat target pasar yang jauh lebih besar, sudah jelas semakin bertambah pula jumlah pelanggan anda.
7. Mengembangkan bisnis dengan cepat. Kapanpun anda punya produk baru, anda akan mudah melakukan promosi. Karena anda sudah punya partner yang siap membantu perkembangan produk anda. Hasilnya, anda pun lebih mudah dan cepat untuk mengembangkan bisnis internet anda.
8. Bisa saling tukar testimoni. Menarik bukan? Semakin bervariasi testimoni yang anda pasang di situs web, ini bisa menambah kredibilitas anda. Dan, anda juga bisa mendapat lebih banyak pelanggan potensial. Karena mereka percaya dengan testimoni yang anda cantumkan tadi.
9. Lebih mudah memecahkan persoalan. Dua kepala lebih baik dari pada satu kepala. Tepatnya seperti itu gambaran paling cocok untuk sebuah aliansi bisnis. Terutama saat anda menghadapi banyak pertanyaan konsumen. Anda sudah memiliki customer service yang bisa menjawab semua pertanyaan yang ada. Bukan cuma customer service yang akan menjawab, tapi juga customer service sesama anggota aliansi. Yang lebih menggiurkan, dengan beraliansi kita bisa belajar banyak ilmu-ilmu baru dalam melayani pelanggan. Setiap pebisnis pasti punya trik dan taktik khusus dalam melayani pelanggan. Nah, sekarang waktunya anda belajar bagaimana cara partner aliansi anda melayani pelanggan mereka.
10. Lebih produktif. Berkah selanjutnya, anda akan terhubung dengan pemikir-pemikir kreatif. Maksudnya begini, ide-ide yang dikeluarkan partner anda bisa jadi angin segar yang membantu perkembangan bisnis anda. Sesama anggota aliansi pastinya akan berusaha untuk memajukan kerjasama bisnis yang dijalin. Berada di sekeliling orang-orang pemikir kreatif dan strategis bisa mendorong kita produktif.

Nah, semua alasan yang saya kemukakan di atas sangat masuk akal, kan? Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak bekerjasama. Selama anda bisa bekerja sama dengan baik bersama partner anda, saya yakin profit anda akan terus bertambah. Bahkan bisnis anda semakin maju. Yakinlah lebih enak bekerja sama karena saling menguntungkan.

Oya, satu hal yang biasanya saya pegang dalam kerja sama. Berbisnis sebaiknya jangan cuma berpikir masalah untung saja. Tapi, pikirkan juga ilmu yang akan anda peroleh.

So, bekerjasama bisnis, siapa takut? Selengkapnya...

Inilah 10 Langkah Mudah Mengeruk Komisi sebagai Affiliate Marketer

Inilah 10 Langkah Mudah Mengeruk Komisi sebagai Affiliate Marketer
By Joko Susilo | Comments (134) | Trackbacks (2)

Salah satu keluhan yang sering diutarakan affiliate marketer adalah sulitnya mendapat komisi. Rasanya memasarkan produk orang lain terlihat sangat sulit. Padahal, sebaliknya! Sangat mudah. Anda tak perlu repot membuat produk sendiri yang didahului dengan riset dan segala pernak-pernik pekerjaan lainnya. Tugas anda cuma menghubungkan antara pemilik produk dengan calon pembeli. Itu saja.

Kali ini akan saya ringkas jurus-jurus yang biasa digunakan para top affiliate kelas dunia. Mereka hanya melangkah sepuluh hitungan saja. Tidak sulit dan tidak repot. Dan, yang jelas, hasilnya bisa anda rasakan langsung…

1. Cari teman dulu. Bergabunglah dengan chatroom yang topiknya berhubungan dengan produk yang anda pasarkan. Jangan langsung promosi produk dan minta orang lain membeli produk anda. Tapi bagaimana? Pertama kali, saat anda sudah mendapat teman online di sana, cobalah menjalin hubungan dulu. Ngobrol-ngobrol ringan dan membahas ketertarikan minat masing-masing. Nah, setelah anda merasa cukup ”dekat” dengan teman online ini, barulah anda katakan kalau anda sekarang sedang memasarkan produk tertentu.
2. Ciptakan ebook gratisan. Jangan lupa dalam ebook gratis itu anda pasang iklan dan link situs web affiliate anda. Ebook gratisan memang sudah terlalu marak akhir-akhir ini. Setiap orang yang mau terjun di sini pasti menawarkan ebook gratisan untuk pembeli mereka. Maka, anda harus jeli. Buatlah ebook yang temanya menarik hanya untuk target pasar anda. Karena hanya mereka yang memerlukan produk anda yang akan menjadi konsumen anda. Apalagi jika judul yang anda sodorkan sangat provokatif. Pasti mereka berbondong-bondong untuk mendownload. Selain itu, anda bisa mengumpulkan ebook ini di ebook directory.
3. Buat direktori affiliate program sendiri. Untuk membuat direktori affiliate, pertama kali anda bisa bergabung dulu dengan sejumlah affiliate program. Kalau perlu bergabunglah dengan sebanyak-banyaknya affiliate program. Setelah itu, buat daftar affiliate ini dalam format direktori. Nah, setelah itu silakan anda iklankan direktori yang anda buat.
4. Buat iklan affiliate anda sendiri. Iklan produk affiliate anda harus beda dari yang sudah ada. Sekalipun mungkin pemilik produk sudah menyediakan format iklan yang tinggal mudah anda pasang, tapi saya sarankan anda lebih baik membuatnya sendiri. Pertimbangannya, untuk lebih menekankan keunikan promo yang anda lakukan. Tentu, copywriting dan desain yang menarik menjadi unsur penting penentu kesuksesan iklan yang anda pasang. Dan tak perlu ragu menggantinya dengan format iklan yang baru, jika iklan yang anda pasang dirasa hasilnya kurang memuaskan.
5. Pasang pengakuan (testimoni) pribadi anda. Jika anda sudah membeli produk affiliate yang sedang anda pasarkan sekarang, cukup gunakan pengakuan anda sendiri atas produk affiliate tersebut. Katakan pada semua orang keuntungan apa yang anda rasakan dan hasil apa yang anda peroleh setelah menggunakan produk tersebut. Katakan seberapa cepat anda mendapat hasil dari produk tersebut. Buat semua orang yakin akan kehebatan produk yang anda pasarkan. Testimoni ini selain bisa dibuat dalam bentuk iklan, juga dapat anda masukkan dalam artikel anda.
6. Buat kartu nama elektronik yang berisi iklan produk yang anda pasarkan. Anda bisa membuat kartu nama elektronik yang anda bubuhi iklan produk anda. Meski ruangnya terbatas, namun bila anda bisa membuat headline iklan yang menarik, tetap bisa menyedot perhatian pengunjung.
7. Lakukan tukar link. Anda bisa saling menukar link affiliate anda dengan situs web lain. Tapi pastikan mereka tidak menawarkan produk yang sejenis. Sebaiknya, pilih situs web yang memasarkan produk pelengkap produk anda.
8. Aktiflah dalam forum. Pastikan anda rutin memposting, baik bertanya atau menjawab pertanyaan member lain. Dan, coba sisipkan link affiliate anda setiap memposting.
9. Ciptakan ezine gratis. Dengan membuat ezine sendiri anda bisa mengiklankan program affiliasi yang sedang anda ikuti. Lalu, kumpulkan ezine anda di direktori ezine online. Selain itu, promosikan ezine ini di situs web milik anda sendiri. Ezine gratis berpotensi menyedot traffic tinggi sebab banyak orang membutuhkan informasi di dalamnya.
10. Buatkan situs web duplikat pemilik produk untuk pembeli anda. Bila dirasa menghadiahi ebook sudah biasa, anda bisa menghadiahi situs web duplikat untuk para pembeli dari link anda. Situs web duplikat itu berisi sama persis dengan situs web pemilik produk. Bedanya hanya akan dicantumkan link affiliate mereka. Dengan cara ini, para calon pembeli akan sangat senang untuk bergabung dari link affiliate anda.

Saya yakin, dengan 10 langkah mudah dan murah meriah ini, anda bisa meraup sebanyak-banyaknya keuntungan dari program affiliate anda. Tanpa memiliki produk sendiri anda sudah bisa menjadi pebisnis internet yang sukses. Ya, hanya dengan menjadi top affiliate! Mudah bukan?

So, tunggu apalagi. Salam ACTION! Selengkapnya...

5 Prinsip Viral Marketing untuk Pengembangan Bisnis Internet Anda

5 Prinsip Viral Marketing untuk Pengembangan Bisnis Internet Anda
By Joko Susilo | Comments (71) | Trackbacks (0)

Anda tahu istilah viral marketing? Benar! Viral marketing merupakan strategi yang digunakan untuk mendorong seseorang agar menyampaikan pesan pemasaran anda pada orang lain. Manfaatnya pesan anda itu terus menyebar dan meluas dengan cepat. Karena caranya yang seperti metode penyebaran virus itulah maka namanya disebut viral marketing. Bila strategi ini berjalan sukses, bisnis anda bisa melejit dengan sangat cepat.

Istilah kunonya, strategi ini kurang lebih sama seperti ungkapan jawa gethok tular alias dari mulut ke mulut. Tak bisa disangkal keajaiban promosi dari mulut ke mulut memiliki efek yang luar biasa. Karena orang lebih percaya apa kata teman dibanding kata iklan.

Sangat baik bila strategi ini juga anda terapkan dalam bisnis internet anda. Supaya dalam penerapannya bisa berjalan dengan lancar, kita perlu tahu apa saja prinsip yang mendasari viral marketing. Ini dia lima prinsip dasar viral marketing yang perlu anda ketahui.

1. Berikan produk dan layanan. Ini prinsip yang pertama. Untuk menarik minat penyebar pesan, anda bisa memberikan produk dan layanan gratis. Seperti layanan email gratis, produk informasi gratis, software gratis, promosi gratis, dan lainnya. Mengapa memberikan secara gratis? Karena pada dasarnya semua orang suka hal yang gratis, walaupun yang anda berikan sebenarnya tidak besar nilanya. So, prinsip pertama dalam viral marketing, berikan sesuatu terlebih dahulu, baru anda bisa menjual sesuatu!
2. Proses transfer informasi yang mudah. Virus sangat mudah berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Nah, anda harus menemukan media apa yang memudahkan virus ini berkembang biak? Transfer informasi bisa berjalan mudah jika media yang anda gunakan juga mudah digerakkan. Misal, lewat email, situs web, software, dan lainnya. So, sebarkan informasi produk anda lewat media-media tadi. Agar orang lain juga tinggal copy atau forward saat ingin menularkan informasi yang mereka terima. Semakin mudah cara penyebaran bisa dilakukan, maka semakin cepat pesan pemasaran anda menyebar.
3. Gali dan bangkitkan motivasi semua orang. Viral marketing yang sukses biasanya mengambil keuntungan dari motivasi yang dimiliki manusia. Apa saja motivasi yang dimiliki manusia? Menjadi terkenal dan mendapatkan uang merupakan dua di antara sekian banyak motivasi manusia. So, buatlah desain strategi pemasaran yang bisa membangkitkan motivasi orang banyak. Misal, buat system kompetisi untuk para viral marketer anda. Mereka yang paling banyak melakukan penyebaran informasi secara cepat menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah!
4. Gunakan jaringan hubungan yang ada. Manusia adalah makhluk sosial. Ada yang mengatakan setiap orang sedikitnya terhubung dengan 10 orang. Bisa hubungan pertemanan atau keluarga. Bahkan ada yang punya jaringan sampai ratusan bahkan ribuan orang sekaligus. Banyak tidaknya jaringan yang dimiliki itu tergantung pengaruh dan reputasi orang tersebut. Nah, dalam viral marketing, anda bisa manfaatkan jaringan orang-orang tersebut untuk menyebarluaskan pesan marketing anda.
5. Manfaatkan sumber daya orang lain. Tak harus segalanya anda sediakan sendiri. Anda bisa manfaatkan sumber daya milik orang lain untuk membesarkan bisnis anda. Contoh, dalam affiliate program, orang akan dengan suka rela meletakkan teks atau grafis link tentang situs web anda. Anda bisa juga menulis artikel yang boleh dipasang di situs web atau blog orang lain dengan tetap menyantumkan URL anda. Prinsipnya, semakin banyak orang yang menaruh link anda di situs web mereka, semakin banyak jaringan yang anda buka. Berarti pula semakin besar kemungkinan link anda diklik pengunjung. Dan semakin besar peluang produk anda laku di pasaran.

Selama prinsip-prinsip di atas bisa anda penuhi, anda bisa melejitkan popularitas. Dan, bukan cuma itu, semakin besar peluang anda mendongkrak penjualan anda. Segera praktekkan strategi ini untuk bisnis anda.

Ya, selamat menyebar virus… Selengkapnya...

Bagaimana Cara Menyiasati Keengganan Orang Berbelanja di Internet?

Bagaimana Cara Menyiasati Keengganan Orang Berbelanja di Internet?
By Joko Susilo | Comments (22) | Trackbacks (0)

“Internet bukan tempatnya belanja. Internet tempatnya orang cari informasi. Kalau mau belanja ya di mall atau pasar.” Pikiran inilah yang ada di sebagian besar pengguna internet. Dan tugas anda sebagai pebisnis internet mengubah pandangan tersebut. Tapi bagaimana mungkin? Bagaimana caranya?

Mengubah pola pikir orang lain memang sulit. Tapi, tidak sesulit yang anda bayangkan kalau anda sudah memiliki cara berpikir pebisnis!

Selama anda bisa menciptakan fenomena berbelanja online, saya yakin masyarakat akan segera beralih ke internet. Karena berbelanja di internet menawarkan berbagai kemudahan. Terutama masalah waktu dan transportasi. Gampangnya tinggal klik! Dan barang yang mereka pesan datang sendiri.

Apalagi internet sekarang sudah merambah sampai pelosok desa. So, kesempatan berbisnis di sini akan semakin lebar. Tinggal tunggu waktu. Dan bom tren belanja internet akan segera meledak.

Nah, sekali lagi, bagaimana caranya meledakkan bom tersebut? Bagaimana mengubah pandangan orang tentang internet? Caranya sederhana. Cukup gunakan kecerdasan anda.

Jika anda menjual produk informasi di internet, cukup yakinkan pengunjung bahwa informasi yang anda punya lebih berharga dari ebook gratisan di luar sana. Dan jika anda menjual produk non-informasi, yakinkan pengunjung bahwa produk Anda adalah solusi atas masalah yang mereka hadapi sekarang.
Undang pengunjung untuk masuk ke situs web anda. Kuncinya alirkan traffic. Berikan informasi yang mereka mau. Tapi jangan langsung promosikan produk anda.

Pertama, anda bisa memberikan informasi tentang produk yang mereka cari. Bagaimana produk yang baik, kualitas apa saja yang patut mereka dapatkan, dll. Yang penting uraikan dulu semua produk yang mereka butuhkan. Jangan terburu nafsu mengusulkan produk anda. Karena produk anda hanya bisa sukses setelah mereka yakin bahwa produk anda memang solusi untuk menyelesaikan masalah mereka.

Internet adalah sumber informasi. Itu ciri yang tak bisa lepas dari teknologi ini. Walaupun pengunjung ingin membeli produk, mereka kadang hanya menggunakan internet untuk browsing produk apa yang sedang bagus dan in . Dan mereka langsung beli di toko offline. Bukan dengan cara online.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, sediakan saja blog yang menyediakan informasi yang mereka cari. Lalu ajari meeka bagaimana menyelesaikan solusi yang mereka hadapi. Bangun kredibilitas dan tunjukkan bagaimana produk anda bisa menjadi solusi untuk mereka. Jangan langsung katakan pada mereka, ”saya jual produk A harganya cuma sekian… murah kan?”

Tidak ada orang yang suka didikte. Tapi, sebaliknya mereka ingin dirayu. Jadi jangan beri komando untuk segera membeli. Lebih baik, berikan informasi yang mereka cari. Itu jauh lebih bermanfaat dari pada anda berpromosi sampai berbusa-busa.

Tulis saja artikel yang mencerahkan masalah mereka. Atau buat review produk yang isinya menjelaskan bahwa produk anda berisi banyak solusi yang mereka cari. Pastikan artikel yang anda tulis menarik minat mereka. Sehingga anda tetap bisa menjaga ketertarikan mereka terhadap informasi yang anda buat.

Membangun kredibilitas seperti itu lebih berguna untuk bisnis anda ke depan. Anda tidak terkesan seperti salesman yang meminta orang untuk membeli. Tapi, sebaliknya anda terlihat seperti seorang ahli yang punya berbagai solusi masalah. Penawaran harus dilakukan di akhir, bukan di awal.

Sekali lagi saya katakan, orang menggunakan internet untuk cari informasi bukan untuk berbelanja. Nah, setelah mereka mendapat informasi yang mereka butuhkan, barulah mereka berbelanja.

Berikan informasi, bangun kredibilitas, bangun kepercayaan, dan langkah terakhir, baru pasarkan produk anda!

Itu saja yang perlu dilakukan pebisnis internet. Sayang sekali masih banyak orang yang belum tahu bagaimana seninya menjual sesuatu pada orang lain. Apalagi lewat internet. Mengubah pikiran orang dan segera belanja di situs web anda memang tidak bisa langsung dilakukan dalam sekejap. Menjual produk di internet, tidak seperti sales promotion girl yang berdiri manis di depan gerai mereka sambil memberikan brosur. Kita berdiri di situs web kita sebagai ahli yang siap memberikan banyak ilmu pada mereka yang membutuhkan. Tidak langsung memberikan brosur, tapi memberikan ilmu!

Ubah kebutuhan akan informasi menjadi kebutuhan membeli! That’s all… anda siap menjadi agen pengubah? Agen yang mengembangkan bisnis internet menjadi pilar pendapatan semua orang. Agen yang mengubah pola pikir masyarakat kita…

Sekali lagi, salam action!

Tentang karakter konsumen online di Indonesia, baik pula Anda baca tulisan Mas Erick. Selengkapnya...

Menyingkap Rahasia Terbesar Internet Marketing

Menyingkap Rahasia Terbesar Internet Marketing
By Joko Susilo | Comments (57) | Trackbacks (0)

Jutaan situs web bersaing untuk menjadi yang nomor satu. Belum lagi, persaingan semakin ketat. Setiap harinya ada ribuan situs web baru bermunculan. Semuanya berusaha mengundang rasa ingin tahu pengunjung, berusaha menarik pengunjung sebanyak mungkin. Otomatis, cara-cara terbaik memikat pengunjung terus dimodifikasi. Harapannya, semakin banyak pengunjung semakin banyak pembeli yang datang. Setiap pemilik situs web mengharapkan apapun yang mereka jual laris manis diborong pengunjung.

Tetapi, apa yang akan terjadi jika semakin banyak pengunjung yang datang dan tidak ada satupun yang beli? Pebisnis internet yang baik harus tahu apa yang bisa memikat pengunjung untuk beli. Maksudnya?

Harta karun paling berharga dalam bisnis adalah ketika anda tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan orang banyak. Tak terkecuali dalam bisnis internet. Tapi, bagaimana caranya tahu apa yang sedang digandrungi orang? Jawabnya simpel. Tanyakanlah! Ya, malu bertanya sesat di jalan. Sesungguhnya ini rahasia besar yang saya simpan khusus untuk anda. Rahasia ini tidak hanya menghasilkan aliran uang tapi juga bisa mendongkrak popularitas anda.

Lalu setelah tahu yang dicari pengunjung, apa yang dilakukan? Pancing mereka dengan barang gratisan. Semua orang suka gratisan. Meski sekarang barang-barang gratisan bertebaran di internet, saya yakin, semuanya masih diminati masyarakat kita. Apalagi umumnya pengguna internet di Indonesia bukan tipe pembeli online. Yang mereka ingin dapat dari internet ya yang gratisan saja. Nah, setelah anda memancing respon mereka dengan produk gratisan, pastikan anda memberi mereka manfaat dengan produk yang anda berikan. Nah, sejauh ini kita sudah bisa menyingkap apa yang diinginkan pengunjung. Benar, barang gratisan! Lalu tahap berikutnya?

Terus tarik pengunjung, dan biarkan pengunjung situs web anda membludak! Jaga kunjungan pengunjung dengan terus memberikan barang yang mereka inginkan. Barang gratisan tidak selamanya merepotkan. Anda bisa kembali buat free ebook. Selama yang anda tulis itu bermanfaat, mereka akan kembali, kembali, dan kembali lagi pada anda. Memberikan barang gratisan ibaratnya juga bisa membuka pintu toko anda lebar-lebar.

Berbisnis di internet berarti anda harus pintar memasang keyword dan iklan. Karena pengunjung tidak bisa langsung melihat keberadaan toko anda saat mereka datang di dunia maya. Mereka datang ke dunia internet melalui satu atau beberapa pintu yang mereka tuju saja. Nah, kalau mereka tanpa sengaja membuka pintu anda, dan tertarik dengan barang gratisan anda, saya yakin mereka pasti akan terus ingat dengan anda.

Sekarang, saatnya fokus pada permintaan pengunjung anda. Berikan apa yang mereka mau! Tak perlu terlalu lama berpikir, nanti anda bisa keduluan pesaing. Juga, tak perlu melakukn persiapan yang ribet. Yang penting ACTION sekarang juga! Pastikan anda secepat mungkin merespon kebutuhan pengunjung anda. segala kekurangan produk anda bisa diurus nanti seiring dengan berkembangnya permintaan dan keinginan pelanggan. Ingat, yang pertama kali menjual adalah yang paling diingat oleh pelanggannya. Hampir pasti setiap pelopor pasti dianggap nomor satu.

Selain itu, anda juga bisa meraba apa yang menjadi favorit pengunjung dari traffic halaman web anda. Silakan periksa halaman web mana yang paling laris dikunjungi? Berarti di situlah letak “keinginan” pengunjung. Sediakan tawaran opt-in list di halaman ini. Agar, anda mudah menjaring mereka lewat newsletter, dan anda bisa mudah meng-update pengetahuan mereka tentang kemajuan situs web anda. Selain itu, anda bisa menawarkan berbagai produk yang anda punya.

Cuma itu sebenarnya yang harus anda lakukan untuk menjadi pebisnis sukses di internet. Kejar “keinginan” pengunjung dan berikan yang mereka inginkan! Pengunjung makin hari pasti makin cerdas. Dan, orang cerdas hanya mau membelanjakan uang mereka hanya demi apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Itu saja!

So, mari mengejar pengunjung! Selengkapnya...

Punya Blog dan siap mendapat Uang?

Bismillah..

Punya blog yang di hosting sendiri ( misal : namakamu.com, atau sapilemu.com) dan siap mendapat uang?

cepat daftar aja di www.ppcindo.com

cara kerjanya :

1. kita harus punya blog/website yang hosting sendiri, istilahe selp hosting

2. daptar di ling PPC Indonesia

3. nantinya kita akan diberi sekrip/kode, yang harus dipasang di cpanel kita, di blog kita

4. bila udah kepasang, nanti mereka akan memasang blog kita di tempat mereka, nah, bila ada perushaan atau orang yang tertarik masang ling di tempat kita( lewat mereka) maka kita akan dapat duwet, alias duit yang jumlahnya berdasarkan page rank kita dan jumlah pemasang ling di tempat kita.

contohnya, bila blog mu punya page rank 3, maka berhak untuk mendapatan pembayarn 2 dollar/ ling per bulan ( dan gak ngapa ngapain, semua mereka yang pasang, otomatis lewat sekrip tadi)

nah, klo ada 10 orang yg pasang link, bearti sebulan gak napa napa , kita dapat 20 dollar.

itu belum kalo blog mu punya page rank tinggi, maka harga satu ling bisa sampek 20 dollar

mau coba, silakan daptar aja ke PPC Indonesia

disini boleh lihat juga sebahagian balasan dari ppcindo buat saya dari hasil kerja sama saya dengan ppcindo selama ini...

"Dear mohammad jamil,

Apa kabar mohammad jamil? Semoga sehat dan sukses selalu. Sekedar informasi untuk mohammad jamil bahwa komisi ppcindo untuk periode September 2008 telah dibayarkan dengan nilai komisi tertinggi Rp 3.900.616,- (Tiga Juta Sembilan Ratus Ribu Enam Ratus Enam Belas Rupiah) dengan harga per klik tertinggi saat ini $ 0.3/klik (Rp 2.760/klik ==> bervariasi karena sistemnya bidding/penawaran). Untuk Bukti pembayaran komisi bisa dilihat di Halaman Bukti Pembayaran Komisi ppcindo

Untuk minimum pembayaran saat ini naik menjadi $10 (Rp 92.000) karena menggunakan fasilitas ATM Bersama agar semua bisa berpartisipasi (dikenakan fee dari bank sebesar Rp 5.000 dan dipotong dari komisi). Berikut ini daftar bank yang masuk dalam jaringan ATM Bersama :

1. BNI
2. BRI
3. Bank Danamon
4. Bank Permata
5. Bank Niaga
6. LippoBank
7. Bank NISP
8. BII
9. Bank Bukopin
10. Bank Bumiputera
11. Bank Mega
12. Bank Panin
13. Bank Muamalat
14. Bank Syariah Mandiri
15. Bank Syariah Mega Indonesia
16. Bank UOB Buana
17. Bank Commonwealth
18. Bank Mayapada
19. ABN AMRO
20. Standard Chartered Bank
21. Bank DKI
22. Bank Jabar
23. Bank Riau
24. Bank Jatim
25. Bank Nagari
26. Bank Papua
27. Bank NTT
28. Bank BPD
29. Bank Sulsel
30. Bank Sulut
31. Bank BPD Jambi
32. Bank Lampung
33. Bank BPD DIY
34. Bank Sumut
35. Bank Maluku
36. Bank BPD Bali
37. Bank BPD Kaltim
38. Bank Kalsel
39. Bank Sultra
40. Bank Bengkulu
41. Bank BPD Aceh
42. Bank Nusantara Parahyangan
43. Bank Mestika
44. Bank IFI
45. Bank Ina Perdana
46. Bank Agroniaga
47. Bank Saudara
48. Bank Eksekutif
49. Bank Arta Niaga Kencana
50. Bank Ganesha
51. Bank Mayora
52. Bank Artos Indonesia
53. BPR KS
54. Bank BPD Kalteng
55. Bank Swadesi
56. Bank Jateng

Tentunya jika situs atau blog mohammad jamil ramai pengunjung maka nilai komisi atau harga perklik juga besar. Untuk mendatangkan pengunjung dengan cepat, mohammad jamil bisa mencoba untuk mengiklankan situs atau blog mohammad jamil di ppcindo (mendaftar sebagai advertiser)

Dan sebagai advertiser maka mohammad jamil bisa memanfaatkan program affiliasi ppcindo dimana jika mohammad jamil mereferensikan advertiser ke ppcindo dan advertiser tersebut deposit maka mohammad jamil berhak mendapatkan komisi sebesar 25% dari nilai deposit advertiser yang mohammad jamil referensikan tadi. Komisi ini akan langsung di tambahkan ke deposit mohammad jamil dan bisa langsung dipakai untuk beriklan sehingga mohammad jamil bisa beriklan dengan GRATIS karena biayanya dari hasil mereferensikan advertiser untuk deposit di ppcindo. Asyik kan...

Diingatkan sekali lagi untuk mengupdate kode iklan dan data pembayaran rekening mohammad jamil. Lebih jelasnya baca pengumuman di halaman depan setelah login.

Salam sukses selalu buat mohammad jamil

Bonnie Purnama
www.ppcindo.com"


dan akhirnya dari saya...selamat bekerja dan kreatif semoga berhasil...he3x Selengkapnya...

Bagaimana Cara Affiliate Mendapatkan Uang?

Dalam posting terdahulu pernah saya sebut kalau affiliate program merupakan kunci sukses bisnis internet. Dan itu memang benar. Banyak pebisnis internet di seluruh dunia sukses berkat affiliate program. Kekayaan mereka dapat terkumpul dalam waktu relative cepat dibandingkan jenis bisnis online lainnya. Dan enaknya lagi, bisnis affiliate program-nya akan terus berkembang karena adanya dukungan para affiliate.

Namun begitu, tak sedikit ada yang masih bingung atau bahkan meragukan affiliate program. Mereka mungkin ragu gara-gara tak paham bagaimana uang bisa mengalir dari affiliate program.

Baiklah untuk mengurangi kebingungan atau kebimbangan itu, kali ini saya paparkan apa saja tipe atau pola aliran uang dari affiliate program.

Secara umum, ada empat macam pola yang diterapkan merchant (pemilik produk/jasa) agar para affiliate bisa mendapat uang dari affiliate program yang diikutinya.

1. Pay per sale: pengunjung membeli produk/jasa yang ditawarkan oleh affiliate.
2. Pay per lead: pengunjung mengisi formulir online.
3. Pay per action: pengunjung mendownload, menginstal, atau menggunakan suatu produk/jasa.
4. Pay per click: pengunjung hanya mengklik link dan mengunjungi situs web merchant.

Bila lebih jelas, begini penjelasan lebih lengkapnya:

1. Pay Per Sale (PPS)
Pola ini yang paling banyak dipakai oleh affiliate program di internet. Begitu ada pengunjung yang datang ke situs web merchant lewat link anda dan melakukan pembelian, maka anda mendapat komisi.

Pemberian komisinya ada yang menggunakan persentase, tapi ada juga yang menetapkan komisi dengan jumlah nominal tertentu. Untuk yang menggunakan pola persentase, biasanya dipakai oleh para merchant yang berbisnis retail (eceran). Sedangkan yang memberikan komisi secara flat dalam jumlah nominal tertentu biasanya dipakai merchant yang menjual web hosting, online dating, dan lainnya.

Kalau anda tanya pola mana yang lebih baik, menurut saya adalah yang menetapkan komisi berdasar persentase. Sebab ini lebih menguntungkan kedua belah pihak, baik merchant maupun affiliate. Merchant hanya cukup membayar komisi untuk setiap penjualan. Dengan iming-iming komisi yang cukup besar, para merchant bisa menggelorakan semangat affiliate untuk berpromosi. Sebaliknya, bagi para affiliate sangat berpeluang mengeruk banyak uang dari komisi yang diraihnya. Apalagi kalau pengunjung doyan berbelanja alias suka memborong produk, maka pasti si affiliate juga ketiban untung dengan mendapat komisi yang lebih besar.

2. Pay Per Lead (PPL)
Pola ini terutama banyak dipakai merchant yang berniat menggencarkan promosi. Biasanya cara ini lazim dipakai oleh para merchant di bidang asuransi atau pegadaian. Pada pola ini, affiliate mendapat komisi setiap pengunjung mengisi formulir online di situs web merchant.

Tapi yang perlu diketahui, merchant hanya akan membayar affiliate untuk data-data valid yang ditulis pengunjung. Jadi kalau misalkan datanya kurang valid atau bahkan tidak lengkap seperti tak ada nomor telepon dan alamat email, maka merchant tak akan membayar affiliate.

Namun secara umum, pola ini dilihat dari conversion rate-nya, jelas lebih bagus dibandingkan pola PPS tadi. Sebab pengunjung tak perlu membeli apapun. Mereka hanya mengisi formulir saja. Tentu bagi para affiliate lebih mudah untuk mencari pengunjung yang mau mengisi formulir daripada membeli produk. Namun juga perlu dimaklumi kalau komisinya pun biasanya tak sebesar pola PPS tadi.

3. Pay Per Action (PPA)
Pada pola ini, merchant memberi komisi kepada affiliate setiap ada pengunjung yang mendownload, menginstal, atau menggunakan produk/layanan merchant. Biasanya pola ini dipakai oleh merchant dari perusahaan software atau perusahan web service. Harapan merchant, dengan produknya dipakai banyak orang akan membuat perusahaannya menjadi pemimpin pasar.

4. Pay Per Click (PPC)
Pada pola ini, affiliate diberi komisi setiap ada yang mengklik link-nya. Sayangnya, kini pola ini sudah tidak dipakai lagi dalam dunia affiliate program.

Pasalnya, banyak sekali klik palsu yang membuat merchant merugi. Misal para affiliate mengklik sendiri link-nya. Atau juga bisa dengan bantuan software yang mengklik otomatis link. Karena itu pola ini kini tak lagi dipakai dalam dunia affiliate program. Tapi untuk advertising network seperti Adsense pola PPC ini masih dipakai.

Ya itulah sekilas pola-pola aliran uang yang bisa anda terapkan kalau menjadi merchant, atau yang bisa anda raup kalau menjadi affiliate. Sekarang tak perlu bingung lagi dengan aliran uang dalam affiliate program.
Yang p enting anda segera tetapkan pilihan untuk ber-affiliate program. Dan kalau bingung melihat banyaknya pilihan affiliate program yang beredar di internet, baca panduan memilih affiliate program menguntungkan serta 9 langkah memilih affiliate program yang tepat.

Tak perlu tunggu besok untuk memulainya. Lakukan sekarang. Sebab kesuksesan anda di esok hari dimulai dari kerja keras hari ini. Mari ber-affiliate program. Saya tunggu di puncak sukses! Selengkapnya...